Skip to main content

Variabel Array dalam Java

Untuk memudahkan pemahaman mengenai variable array, akan digunakan ilustrasi berupa gambar kotak yang merepresentasikan setiap elemen variable array. Sebuah variable array bisa digambarkan berupa kotak sebagai berikut :


Index adalah sebuah angka yang menyatakan urutan sebuah elemen pada suatu variable array. Karena seluruh kotak memiliki nama yang ssama, kamak untuk membedakannya diperlukan suatu cara yaitu dengan memberi nomor urut. Ibarat deretan rumah pada sebuah jalan, untuk membedakan antara rumah yang satu dengan rumah yang lain maka setiap rumah diberi nomor unik yang berbeda antara rumah satu dangan yang lainnya.

TipeData bisa berupa salah satu dari berbagai tipe data seperti int, long, double maupun nama class; baik class standar Java atau class buatan kita sendiri. Materi class tidak akan dibahas dalam modul ini.
Cara pendeklarasian variable array :

  1. Mendeklarasikan variable array tanpa menyebutkan berapa jumlah elemen yang diperlukan : int[] variableArray1; Untuk cara pendeklarasian variable array dengan cara ini, kita harus menuliskan di salah satu baris program instruksi untuk memesan jumlah elemen untuk variable tersebut. Sebelum terjadi pemesanana jumlah elemen, kita tidak bisa menggunakan variable array ini untuk menyimpan data. variableArray1 = new int[5];
  2. Mendeklarasikan variable array dengan mengebutkan jumlah elemen yang diperlukan int[] variableArray2 = new int[5]; Pada saat mendeklarasikan variable array ini, maka kita langsung memesan 5 elemen array yang akan kita gunakan selanjutnya.
  3. Mendeklarasikan variable array secara otomatis int[] varibleArray3 = {5, 3, 23, 99, 22}; atau int[] variableArray3 = new int[]{1,23,45,4,3}; variable array ini memiliki 5 elemen, dan tiap elemen sudah terisi data. Berbeda dengan cara pendeklarasian yang pertama dan yang kedua.
Contoh program array :

package javaapplication1;
class fzan
{
  public static void main(String[] args)
  {
    String month_days[] = new String[12];
    month_days[0] = "Januari";
    month_days[1] = "Februari";
    month_days[2] = "Maret";
    month_days[3] = "April";
    month_days[4] = "Mei";
    month_days[5] = "Juni";
    month_days[6] = "Juli";
    month_days[7] = "Agustus";
    month_days[8] = "September";
    month_days[9] = "Oktober";
    month_days[10] = "November";
    month_days[11] = "Desember";
    int day=9;
    System.out.println("Bulan ke "+day+ " adalah "+month_days[day]);
  }
}

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Optimalkan Koneksi Internet Dengan "FULL SPEED"

Bagi kita ‘penjelajah internet’ pasti mendambakan koneksi internet yang cepat, sehingga kita dapat membuka halaman web dengan lancar dan mendownload data-data yang kita perlukan di dunia maya. Bayangkan saja, kalau kita berhadapan dengan koneksi yang lelet, padahal kita harus segera menyelesaikan pekerjaan dan apa yang kita butuhkan sebenernya sudah tersedia di internet, ditanggung pasti !

10 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Tahun 2011

Inilah Klub - klub terkaya didunia pada tahun 2011. Dimana peringkat paling atas diduduki dua raksasa Spanyol, yakni Real Madrid dan Barcelona, kedua tim Spanyol tersebut tercatat sebagai klub dengan jumlah pendapatan tertinggi di dunia. Sementara peringkat ketiga yang diduduki Raksaksa Inggris, Manchester United yang terbelit utang besar, turun ke posisi tiga. Berikut daftar klub dengan jumlah pemasukan tertinggi berdasarkan laporan Deloitte dan dikutip Reuters. REAL MADRID (Sebelumnya peringkat ke-1) Total pemasukan: 401,4 juta euro (sekitar Rp 5,107 triliun) Pemasukan tiket pertandingan: 101,4 juta euro Hak siar: 160,8 juta euro Komersial: 139,2 juta euro FC BARCELONA (Sebelumnya peringkat ke-3) Total pemasukan: 365,9 juta euro (Rp 4,657 T) Pemasukan tiket pertandingan: 95,5 juta euro Hak siar: 158,4 juta euro Komersial: 112,0 juta euro MANCHESTER UNITED (Sebelumnya peringkat ke-2) Total pemasukan: 327,0 juta euro (Rp 4,160 T) Pemasukan dari tiket pertandingan: 127,7 ju...

Program Sederhana Penyewaan CD/DVD for Delphi

Program ini merupakan tugas dari matakuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer). Di mana mahasiswa diwajibkan membuat program aplikasi yang User Friendly yaitu antarmuka yang enak dilihat, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan user merasa senang menggunakan/menjalankannya. Untuk membuat antarmuka yang memenuhi kriteria tersebut, maka aplikasi tersebut harus dapat menangani piranti-piranti yang terhubung dengan sistem, misalnya piranti masukan (keyboard, mouse, dll), dan juga piranti keluaran, misalnya layar dan printer. Berikut adalah Interface program yang saya buat : 1. Form Login 2. Form Loading 3. Form Tabel Anggota 4. Form Tabel CD/DVD 5. Form Tabel Transaksi Download aplikasinya disini (Program Penyewaan CD dan DVD v.1.1.rar) Password winrar : fauyan