Skip to main content

Elemen Dasar Java

1. Variabel
Variabael adalah satuan yang dipakai oleh program sebagai basis penyimpanan dalam suatu program. Penggunaan variabel harus dilakukan dahulu melalui deklarasi variabel, yaitu menentukan tipe dan nama variabael yang digunakan. Tipe variabel disebut dengan tipedata.
  1. short : Short integer (bilangan bulat 16 bit)
  2. int : Integer (bilangan bulat 32 bit)
  3. long : Long integer (bilangan bulat 64 bit)
  4. byte : Bilangan bulat 8 bit (1 byte = 8 bit)
  5. float : Bilangan pecahan 32 bit
  6. double : Bilangan pecahan 64 bit dengan presisi ganda (2x float)
  7. char : Karakter 16 bit
  8. boolean : Logika (mempunyai nilai true (1) atau false (0))
2. Casting
Casting adalah teknik konversi secara eksplisit, yaitu menerangkan kepada kompiler bahwa terjadi perubahan tipe variabel, sehingga hasilnya harus dikonverensi ke tipe variabel baru tersebut. Bentuknya :
(tipedata) nama_variabel;

contoh :
double pecahan = 3.32452342;
float f = (float) pecahan;


3. Operator
Operator adalah simbol yang digunakan untuk melakukan suatu operasi terhadap variabel. operator dapat digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu :
  1. Operator Aritmetika
  2. Operator Relasional
  3. Operator Logika
  4. Operator Bitwise
  5. Operator Increment/Decrement
  6. Operator Penugasan
Di bawah ini adalah contoh program javaaplication yang mengandung Variabel dan Operator :

class latihan1
{
public static void main(String args [])
{
String nama,jurusan;
int score,hasil1,hasil2,hasil3,hasil4; // variabel
nama = "FAUYAN";
jurusan = "TI";
score = 4;
hasil1 = score + 5;//operator penjumlahan
hasil2 = score /2;//operator pembagian
hasil3 = score % 3;//operator modulus
hasil4 = score ++;
System.out.println("Nama : " + nama);
System.out.println("Jurusan : " + jurusan);
System.out.println("Score : " + score);
System.out.println("Score + 5 : " + hasil1);
System.out.println("Score / 2 : " + hasil2);
System.out.println("Score % 3: " + hasil3);
System.out.println("Score++ (increment): " + hasil4);

}
}


Berikut adalah contoh program yang mengandung casting :

package javaapplication16;
public class Main
{
public static void main(String[] args)
{
double x = 6.435334;//casting
float f = (float) x;//casting
double hasil;
hasil = x*x-20;
System.out.println("Hasilnya adalah : " + hasil);
}
}

Comments

Popular posts from this blog

Optimalkan Koneksi Internet Dengan "FULL SPEED"

Bagi kita ‘penjelajah internet’ pasti mendambakan koneksi internet yang cepat, sehingga kita dapat membuka halaman web dengan lancar dan mendownload data-data yang kita perlukan di dunia maya. Bayangkan saja, kalau kita berhadapan dengan koneksi yang lelet, padahal kita harus segera menyelesaikan pekerjaan dan apa yang kita butuhkan sebenernya sudah tersedia di internet, ditanggung pasti !

10 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Tahun 2011

Inilah Klub - klub terkaya didunia pada tahun 2011. Dimana peringkat paling atas diduduki dua raksasa Spanyol, yakni Real Madrid dan Barcelona, kedua tim Spanyol tersebut tercatat sebagai klub dengan jumlah pendapatan tertinggi di dunia. Sementara peringkat ketiga yang diduduki Raksaksa Inggris, Manchester United yang terbelit utang besar, turun ke posisi tiga. Berikut daftar klub dengan jumlah pemasukan tertinggi berdasarkan laporan Deloitte dan dikutip Reuters. REAL MADRID (Sebelumnya peringkat ke-1) Total pemasukan: 401,4 juta euro (sekitar Rp 5,107 triliun) Pemasukan tiket pertandingan: 101,4 juta euro Hak siar: 160,8 juta euro Komersial: 139,2 juta euro FC BARCELONA (Sebelumnya peringkat ke-3) Total pemasukan: 365,9 juta euro (Rp 4,657 T) Pemasukan tiket pertandingan: 95,5 juta euro Hak siar: 158,4 juta euro Komersial: 112,0 juta euro MANCHESTER UNITED (Sebelumnya peringkat ke-2) Total pemasukan: 327,0 juta euro (Rp 4,160 T) Pemasukan dari tiket pertandingan: 127,7 ju...

Program Sederhana Penyewaan CD/DVD for Delphi

Program ini merupakan tugas dari matakuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer). Di mana mahasiswa diwajibkan membuat program aplikasi yang User Friendly yaitu antarmuka yang enak dilihat, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan user merasa senang menggunakan/menjalankannya. Untuk membuat antarmuka yang memenuhi kriteria tersebut, maka aplikasi tersebut harus dapat menangani piranti-piranti yang terhubung dengan sistem, misalnya piranti masukan (keyboard, mouse, dll), dan juga piranti keluaran, misalnya layar dan printer. Berikut adalah Interface program yang saya buat : 1. Form Login 2. Form Loading 3. Form Tabel Anggota 4. Form Tabel CD/DVD 5. Form Tabel Transaksi Download aplikasinya disini (Program Penyewaan CD dan DVD v.1.1.rar) Password winrar : fauyan