Skip to main content

Menghitung Bangun Datar Dan Ruang Dengan C++

1. Bangun datar

Rumus Bujur Sangkar
Bujur sangkar adalah bangun datar yang memiliki empat buah sisi sama panjang
- Keliling : Panjang salah satu sisi dikali 4 (4S) (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Sisi dikali sisi (S x S)

Rumus Persegi Panjang
Persegi panjang adalah bangun datar mirip bujur sangkar namun dua sisi yang berhadapan lebih pendek atau lebih panjang dari

dua sisi yang lain. Dua sisi yang panjang disebut panjang, sedangkan yang pendek disebut lebar.
- Keliling : Panjang tambah lebar kali 2 ((p+l)x2) (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Panjang dikali lebar (pl)

Rumus Segitiga
- Keliling : Sisi pertama + sisi kedua + sisi ketiga (AB + BC + CA)
- Luas : Panjang alas dikali pangjang tinggi dibagi dua (a x t / 2)

Rumus Lingkaran
- Keliling : diameter dikali phi (d x phi) atau phi dikali 2 jari-jari (phi x (r + r)
- Luas : phi dikali jari-jari dikali jari-jari (phi x r x r)
- phi = 22/7 = 3,14

Rumus Jajar Genjang atau Jajaran Genjang
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : alas dikali tinggi (a x t)

Rumus Belah Ketupat
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : alas dikali panjang diagonal dibagi 2 (a x diagonal / 2)
- Diagonal : Garis tengah dua sisi berlawanan

Rumus Trapesium
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Jumlah sisi sejajar dikali tinggi dibagi 2 ((AB + CD) / 2)


2. Bangun Ruang

Rumus Kubus
- Volume : Sisi pertama dikali sisi kedua dikali sisi ketiga (S pangkat 3)

Rumus Balok
- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi (p x l x t)

Rumus Bola
- Volume : phi dikali jari-jari dikali tinggi pangkat tiga kali 4/3 (4/3 x phi x r x t x t x t)
- Luas : phi dikali jari-jari kuadrat dikali empat (4 x phi x r x r)

Rumus Limas Segi Empat
- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi dibagi tiga (p x l x t x 1/3)
- Luas : ((p + l) t) + (p x l)

Rumus Tabung
- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi (phi x r2 x t)
- Luas : (phi x r x 2) x (t x r)

Rumus Kerucut
- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi dibagi tiga (phi x r2 x t x 1/3)
- Luas : (phi x r) x (S x r)
- S : Sisi miring kerucut dari alas ke puncak (bukan tingi)

Rumus Prisma Segitiga Siku-siku
- Volume : alas segitiga kali tinggi segitiga kali tinggi prisma bagi dua (as x ts x tp x


3. Contoh Program :


#include <conio.h>
#include <iostream.h>

int main ()
{
int a;
float tinggi_segitiga,alas_segitiga,sisi_1,sisi_2,diagonal_1,diagonal_2,
luas_permukaan;

float panjang,jari,sisi_miring,sisi_atas,sisi_bawah,lebar,diagonal,sisi,luas,
keliling
,volume;
float phi=3.14,diameter,alas,tinggi;
char kembali;
do {
clrscr ();
cout<<" Nama = Fauzan Vega Saputra"<<endl;
cout<<" No.mhs = 3085111136"<<endl;;
cout<<" Kelas = TI B"<<endl;;
cout<<endl;
cout<<" BANGUN DATAR "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"1. persegi "<<endl;
cout<<"2. Persegi panjang "<<endl;
cout<<"3. Segitiga "<<endl;
cout<<"4. Lingkaran "<<endl;
cout<<"5. Jajar genjang "<<endl;
cout<<"6. Belah ketupat "<<endl;
cout<<"7. Trapesium "<<endl;
cout<<"8. Layang-layang "<<endl;
cout<<endl;
cout<<" BANGUN RUANG "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"9. Kubus "<<endl;
cout<<"10. balok "<<endl;
cout<<"11. Bola "<<endl;
cout<<"12. Limas segi empat "<<endl;
cout<<"13. Tabung "<<endl;
cout<<"14. kerucut "<<endl;
cout<<"15. Prisma segitiga siku-siku "<<endl;
cout<<"16. Keluar "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Masukkan pilihan anda = ";cin>>a;
switch(a)
{
case 1:
cout<<" Masukkan sisi persegi ";cin>>sisi;
luas=sisi*sisi;
keliling=4*sisi;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;


case 2:
cout<<" Masukkan panjang persegi ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar persegi ";cin>>lebar;
luas=panjang*lebar;
keliling=2*(panjang+lebar);
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;

case 3:
cout<<" Masukkan alas segitiga ";cin>>alas;
cout<<" Masukkan tinggi segitiga ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring segitiga ";cin>>sisi_miring;
luas=(alas*tinggi)/2;
keliling=alas+tinggi+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;

case 4:
cout<<" Masukkan jari-jari lingkaran ";cin>>jari;
luas=phi*jari*jari;
keliling=2*phi*jari;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;

case 5:
cout<<" Masukkan alas jajar genjang ";cin>>alas;
cout<<" Masukkan tinggi jajar genjang ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring jajar genjang ";cin>>sisi_miring;
luas=alas*tinggi;
keliling=alas+tinggi+sisi_miring+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;

case 6:
cout<<" Masukkan sisi belah ketupat ";cin>>sisi;
cout<<" Masukkan diagonal 1 ketupat ";cin>>diagonal_1;
cout<<" Masukkan diagonal 2 belah ketupat ";cin>>diagonal_2;
luas=0.5*diagonal_1*diagonal_2;
keliling=4*sisi;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;

case 7:
cout<<" Masukkan sisi atas trapesium ";cin>>sisi_atas;
cout<<" Masukkan sisi bawah trapesium ";cin>>sisi_bawah;
cout<<" Masukkan sisi miring trapesium ";cin>>sisi_miring;
cout<<" Masukkan tinggi trapesium ";cin>>tinggi;
luas=((sisi_atas+sisi_bawah)*tinggi)/2;
keliling=sisi_atas+sisi_bawah+sisi_miring+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;

case 8:
cout<<" Masukkan sisi 1 layang-layang ";cin>>sisi_1;
cout<<" Masukkan sisi 2 layang-layang ";cin>>sisi_2;
cout<<" Masukkan alas diagonal 1 layang-layang ";cin>>diagonal_1;
cout<<" Masukkan diagonal 2 layang-layang ";cin>>diagonal_2;
luas=0.5*diagonal_1*diagonal_2;
keliling=2*sisi_1+2*sisi_2;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;


case 9:
cout<<" Masukkan sisi kubus ";cin>>sisi;
volume=sisi*sisi*sisi;
luas_permukaan=6*sisi*sisi;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;

case 10:
cout<<" Masukkan panjang balok ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar balok ";cin>>lebar;
cout<<" Masukkan tinggi balok ";cin>>tinggi;
volume=panjang*lebar*tinggi;
luas_permukaan=2*(panjang*lebar+panjang*tinggi+lebar*tinggi);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;

case 11:
cout<<" Masukkan jari-jari bola ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan diameter bola ";cin>>diameter;
volume=phi*jari*diameter*diameter*diameter*4/3;
luas_permukaan=4*phi*jari*jari;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;

case 12:
cout<<" Masukkan panjang limas segi empat ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar limas segi empat ";cin>>lebar;
cout<<" Masukkan tinggi limas segi empat ";cin>>tinggi;
volume=panjang*lebar*tinggi*1/3;
luas_permukaan=((panjang+lebar)*tinggi)+(lebar*panjang);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;

case 13:
cout<<" Masukkan jari-jari tabung ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan tinggi tabung ";cin>>tinggi;
volume=phi*jari*jari*tinggi;
luas_permukaan=(phi*jari*2)*(tinggi*jari);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;

case 14:
cout<<" Masukkan jari-jari kerucut ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan tinggi kerucut ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring kerucut ";cin>>sisi_miring;
volume=phi*jari*jari*tinggi*1/3;
luas_permukaan=phi*jari*jari+phi*jari*sisi_miring;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;

case 15:
cout<<" Masukkan alas segitiga prisma segitiga siku-siku ";cin>>alas_segitiga;
cout<<" Masukkan tinggi segitiga prisma segitiga siku-siku ";cin>>tinggi_segitiga;
cout<<" Masukkan tinggi prisma segitiga siku-siku ";cin>>tinggi;
volume=panjang*alas_segitiga*tinggi_segitiga*1/2;
luas_permukaan=((panjang+lebar)*tinggi)+(lebar*panjang);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;

case 16:
cout<<"exit..."<<endl;
break;
default :
cout<<"Program tidak tersedia"<<endl;
break;
}
cout<<endl;
cout<<" Kembali Ke menu (y/n)?";cin>>kembali;
}while (kembali == 'y');
}



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghitung Volume Bangun Ruang Dengan PHP

Dalam kesempatan kedua ini saya akan sharing tugas saya yang kedua. yaitu pemrograman PHP, Di dalam tugas ini mahasiswa disuruh menampilkan Volume Bola, kerucut dan kubus.Dengan ketentuan jari-jari,tinggi,sisi yang sudah ditentukan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dan pelajari program dan outputanya dibawah ini : <? $phi=3.14; $r=7; $t=14; $s=10; $volbola=(4/3)*$phi*$r*$r*$r; $volkerucut=(1/3)*$phi*$r*$r*$t; $volkubus=$s*$s*$s; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"Nama = Fauzan Vega Saputra"; echo"<br/>"; echo"Kelas = TI_B"; echo"<br/>"; echo"NIM = 3085111136"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"| Menghitung Volume Bola, Kerucut dan Kubus |"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"

Program Konversi Uang Dengan Delphi

Pertama-tama wajib mendownload delphi 7, cari aja di mbah google pasti ada banyak banget. Setelah download selesai, install di kompi atau laptop anda, kalau dah punya delphi 7 gak diwajibkan untuk download, siapkan aja ember,gayung dan air, cari dikamar mandi jangan di mbah google.. xixixxi bingung ya kok pake ember,gayung dan air???? yaiaylah orang aku boongin,,, ckckckck udah deh bercandanya sekarang serius.... Langkah pembuatan program : 1. Jalankan Delphi 7 2. Pada kotak objek inspector terdapat 2 baris dan banyak kolom. pada kolom color isi dengan warna kesukaan anda. Disini saya contohkan dengan warna "clAqua" 3. Pada kolom caption "Form1" ganti dengan "konversi uang" 4. Tambahkan label,edit,dan button pada form konversi uang, dengan mengeklik simbol "A","OK","AB|" pada bagian atas lalu klik kan ke form konversi uang. lihat gambar dibawah : 5. dan di atur letaknya seperti gambar dibawah ini: 6. Untuk me

Program java Menghitung Bangun Kerucut & Tabung

Didalam program ini user menginputkan tinggi dan jari - jari untuk bangun A dan bangun B. kemudian program mengeksekusinya sehingga akan di ketahui luas permukaan dan volume bangun A maupun bangun B, sesuai tinggi dan jari - jari yang telah di inputkan. Berikut contoh programnya : import java.io.*; class fauyan {     double r,s,t;     double phi = 3.14;     double volumekerucut, volumetabung;     double luaskerucut, luastabung; /* Email  : f_zan.hack@yahoo.com Web   : fzan-aquana.blogspot.com             fauzanvs.blogspot.com */     void hitung() {         luaskerucut = (phi * r) * (s + r);         luastabung = (phi* r * 2) * (t + r);         System.out.println(" ");         System.out.println("  Luas Permukaan Kerucut : " +luaskerucut +" cm^2");         System.out.println("  Luas Permukaan Tabung : " +luastabung +" cm^2");         System.out.println(" ");         volumekerucut = (phi * r * r * t) / 3;