Skip to main content

Bintang 8 Tahun yang Lalu

Tahukah anda, bintang yang anda lihat setiap malam itu adalah bintang 8 tahun yang lalu. Kenapa demikian karena jarak bintang dari bumi yang sangat amat jauh sehingga cahaya yang dipancarkan oleh bintang tersebut memerlukan waktu 8 tahun untuk sampai ke bumi. Perlu diketahui bahwa bintang adalah benda langit yang berukuran raksasa, yang berisi gas sedang terbakar dahsyat atau bola api raksasa yang sedang menyala - nyala dengan suhu jutaan derajat.

Terus kenapa kelihatan kecil? ya, karena jaraknya memang sangat jauh dari bumi. berapakah jaraknya sehingga kelihatan kecil banget? ya, jarak bintang yang terdekat saja 8 tahun cahaya. apa artinya? artinya cahaya saja membutuhkan waktu 8th untuk sampai ke bumi, padahal kita tau bahwa kecepatan cahaya = 300.000 km/detik. jadi jaraknya adalah = 8th x 365 hari x 24 jam x 60 mnt x 60 dtk x 300.000 km/dtk =75.686.400.000.000 km atau sekitar 75triliun km. sungguh jarak yang luar biasa.

Dapatkah kita pergi ke sana? mungkin saja.. tapi, butuh waktu berapa lama??
mari berhitung lagi. semuanya bergantung pada pesawat yang kita pakai. misalnya kita naik pesawat ulang alik seperti Challenger atau columbia yang kecepatannya 20ribu km/h.berapa lamakah kita sampai ke bintang tersebut?

Sehari, sebulan, setahun, sepuluh tahun, seratus tahun. kita bakal mati di tengah jalan, ternyata kita belum sampai bintang yang paling dekat itu kita sudah mati. setelah 428 tahun kemudian, barulah kita sampai di sana. tapi kita butuh 5 - 6 generasi biar sampai ke sana, belum lagi bahan bakar pesawat, persediaan makanan, dll.

Itu baru bintang yang paling dekat, masih banyak bintang di alam semesta ini. Ada yang jaraknya 100th cahaya,1000th cahaya, ada juga yang 1juta tahun cahaya. dan yang paling jauh, ditemukan oleh ilmuwan asal jepang, berjarak 10 miliar tahun cahaya. Buzet tidak betapa jauhnya bintang tersebut, cahaya saja butuh waktu 10 miliar tahun untuk sampai ke bumi.

Jadi kalau kita lihat langit dimalam hari, sebenarnya kita bukan lihat langit yang sekarang doang. tapi pada saat yang bersamaan kita sedang melihat langit sekarang, 8th yang lalu, 100th yang lalu, 1000th yang lalu, 1juta tahun yang lalu, dan bahkan 10 miliar tahun yang lalu.

Dan tahukah anda bahwa matahari yang kita lihat setiap pagi itu adalah matahari 8 menit yang lalu. kenapa demikian? ya, karena sinar matahari membutuhkan waktu 8 menit untuk sampai ke bumi, yang berjarak 150 juta km. berarti, matahari yang kita lihat itu adalah matahari 8 menit yang lalu.

Jadi bumi yang kita tinggali bersama miliyaran manusia ini tidak ada apa - apanya dibanding dengan kebesaran alam semesta ini. bumi itu kalau dilihat dari seluruh alam semesta bagaikan debu di hamparan 'padang pasir' semesta. Di atas debu itulah manusia hidup dengan segala aktifitas dan kesombongannya.

Astagfirullahaladzim.... Marilah teman - teman kita bertaubat dari semua dosa - dosa yang kita perbuat di bumi ini.
sumber : kaskus

Comments

  1. subhanallah sungguh besar dan luas ciptaan Allah, sampai tak terukur luasnya angkasa dan berapa banyaknya bintang.

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus ka :DD
    di share terus ya biar saya nambah tahu tetang komputer :D

    http://www.asianbrilliant.com

    kursus komputer via online

    http://www.kaospolos.com |
    http://www.rawatweb.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menghitung Volume Bangun Ruang Dengan PHP

Dalam kesempatan kedua ini saya akan sharing tugas saya yang kedua. yaitu pemrograman PHP, Di dalam tugas ini mahasiswa disuruh menampilkan Volume Bola, kerucut dan kubus.Dengan ketentuan jari-jari,tinggi,sisi yang sudah ditentukan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dan pelajari program dan outputanya dibawah ini : <? $phi=3.14; $r=7; $t=14; $s=10; $volbola=(4/3)*$phi*$r*$r*$r; $volkerucut=(1/3)*$phi*$r*$r*$t; $volkubus=$s*$s*$s; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"Nama = Fauzan Vega Saputra"; echo"<br/>"; echo"Kelas = TI_B"; echo"<br/>"; echo"NIM = 3085111136"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"| Menghitung Volume Bola, Kerucut dan Kubus |"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"

Program Konversi Uang Dengan Delphi

Pertama-tama wajib mendownload delphi 7, cari aja di mbah google pasti ada banyak banget. Setelah download selesai, install di kompi atau laptop anda, kalau dah punya delphi 7 gak diwajibkan untuk download, siapkan aja ember,gayung dan air, cari dikamar mandi jangan di mbah google.. xixixxi bingung ya kok pake ember,gayung dan air???? yaiaylah orang aku boongin,,, ckckckck udah deh bercandanya sekarang serius.... Langkah pembuatan program : 1. Jalankan Delphi 7 2. Pada kotak objek inspector terdapat 2 baris dan banyak kolom. pada kolom color isi dengan warna kesukaan anda. Disini saya contohkan dengan warna "clAqua" 3. Pada kolom caption "Form1" ganti dengan "konversi uang" 4. Tambahkan label,edit,dan button pada form konversi uang, dengan mengeklik simbol "A","OK","AB|" pada bagian atas lalu klik kan ke form konversi uang. lihat gambar dibawah : 5. dan di atur letaknya seperti gambar dibawah ini: 6. Untuk me

Program java Menghitung Bangun Kerucut & Tabung

Didalam program ini user menginputkan tinggi dan jari - jari untuk bangun A dan bangun B. kemudian program mengeksekusinya sehingga akan di ketahui luas permukaan dan volume bangun A maupun bangun B, sesuai tinggi dan jari - jari yang telah di inputkan. Berikut contoh programnya : import java.io.*; class fauyan {     double r,s,t;     double phi = 3.14;     double volumekerucut, volumetabung;     double luaskerucut, luastabung; /* Email  : f_zan.hack@yahoo.com Web   : fzan-aquana.blogspot.com             fauzanvs.blogspot.com */     void hitung() {         luaskerucut = (phi * r) * (s + r);         luastabung = (phi* r * 2) * (t + r);         System.out.println(" ");         System.out.println("  Luas Permukaan Kerucut : " +luaskerucut +" cm^2");         System.out.println("  Luas Permukaan Tabung : " +luastabung +" cm^2");         System.out.println(" ");         volumekerucut = (phi * r * r * t) / 3;