Skip to main content

Markup Language

Markup language adalah jenis coding atau “tag” yang disisipkan kedala teks yang memuat tentang detail dan struktur teks. Bahasa markup memiliki kode untuk menunjukan tata letak dan styling (seperti cetak tebal, cetak miring, paragraf, penyisipan grafis, dan sebagainya) dalam suatu file teks- misalnya HTML. Nama “markup” diambil dari praktik penerbitan tradisional yaitu “marking up” suatu manuskrip, yakni menambahkan instruksi printer printer pada marjin-marjin suatu manuskrip.

Beberapa contoh awal bahasa markup yang tersedia diluar industri penerbitan dapat ditemukan pada piranti typesetting sistem Unix. Dalam sistem tersebut perintah pemformatan disisipkan ke dalam dokumen teks sehingga perangkat lunak typesetting bisa memformat teks berdasarkan keinginan editor. setelah beberapa saat terlihat bahwa kebanyakan bahasa markup memiliki fitur yang umum. inilah yang kemudian memndorong diciptakannya SGML (Standard Generalized Markup Languange), yang menentukan sintaks untuk memasukan markup pada dokumen. Selain SGML, diciptakan juga sistem lain (disebut metabahasa) untuk secara terpisah menjabarkan apa artinya markup. Dengan demikian penulis dapat menciptakan dan menggunakan sebarang markup yang mereka inginkan-memilih tag yang paling sesuai untuk mereka. SGML dikembangkan dan distandarisasi oleh International Standards Organization (ISO) pada tahun 1986.

SGML digunakan sebagian besar untuk mengelola dokumen besar yang nantinya sering direvisi dan perlu dicetak dalam format yang berbeda. karena besar dan kompleks, maka SGML belum banyak diguganakan pada komputer pribadi. Namun keadaan itu berubah secara dramatis ketika Tim Berners-Lee menggunakan beberapa sintaks SGML, tanpa metabahasa, untuk membuat HTML (Hypertext Markup Languange). Barangkali HTML adalah format dokumen yang paling sering digunakan didunia pada saat ini.

Untuk beberapa orang, istilah skrip (script) menggambarkan aktor atau aktris di panggung suar yang melafalkan baris-baris teks sebuah buku. Dalam istilah web, script (skrip) adalah daftar singkat suatu perintah yang bisa mengeksekusi sendiri, yang ditambahkan pada web yang melakukan fungsi atau rutin khsusus. Skrip sama seperti macro (makro) yang digunakan pada MIcrosoft Word dan file batch yang digunakan pada era DOS, keduanya memiliki fungsi dari menjalankan teks hingga menampilkan tanggal dan waktu. Karena bisa mengeksekusi sendiri, skrip dapat melakukan tugas mereka tanpa campur tangan pengguna. sekalipun demikian, ada beberapa tugas yang harus diawali oelh tindakan pengguna (seperti klik mouse) dan juga yang memerlukan input pengguna untuk meyelesaikan pekerjaan.

Pada halaman web, bahasa scripting digunakan untuk menjalankan banyak tugas. Misalnya mereka menciptakan ,couter traffic dan scrolling text, menyusu cookies sehingga situs bisa mengingat apa yang disukai pengguna dan meniadakan grafis atau teks ketika pengguna mengklik tombol atau mengalihkan mouse mereka dari berbagai item. Kapan saja Anda melihat sesuatu yang menarik muncul pada suatu situs web, munculah kesempatan bagus untuk memasukan script. Bahasa scipting didesain untuk penggunaan yang interkatif.

Comments

Popular posts from this blog

Menghitung Volume Bangun Ruang Dengan PHP

Dalam kesempatan kedua ini saya akan sharing tugas saya yang kedua. yaitu pemrograman PHP, Di dalam tugas ini mahasiswa disuruh menampilkan Volume Bola, kerucut dan kubus.Dengan ketentuan jari-jari,tinggi,sisi yang sudah ditentukan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dan pelajari program dan outputanya dibawah ini : <? $phi=3.14; $r=7; $t=14; $s=10; $volbola=(4/3)*$phi*$r*$r*$r; $volkerucut=(1/3)*$phi*$r*$r*$t; $volkubus=$s*$s*$s; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"Nama = Fauzan Vega Saputra"; echo"<br/>"; echo"Kelas = TI_B"; echo"<br/>"; echo"NIM = 3085111136"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"| Menghitung Volume Bola, Kerucut dan Kubus |"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"

Program Konversi Uang Dengan Delphi

Pertama-tama wajib mendownload delphi 7, cari aja di mbah google pasti ada banyak banget. Setelah download selesai, install di kompi atau laptop anda, kalau dah punya delphi 7 gak diwajibkan untuk download, siapkan aja ember,gayung dan air, cari dikamar mandi jangan di mbah google.. xixixxi bingung ya kok pake ember,gayung dan air???? yaiaylah orang aku boongin,,, ckckckck udah deh bercandanya sekarang serius.... Langkah pembuatan program : 1. Jalankan Delphi 7 2. Pada kotak objek inspector terdapat 2 baris dan banyak kolom. pada kolom color isi dengan warna kesukaan anda. Disini saya contohkan dengan warna "clAqua" 3. Pada kolom caption "Form1" ganti dengan "konversi uang" 4. Tambahkan label,edit,dan button pada form konversi uang, dengan mengeklik simbol "A","OK","AB|" pada bagian atas lalu klik kan ke form konversi uang. lihat gambar dibawah : 5. dan di atur letaknya seperti gambar dibawah ini: 6. Untuk me

Program java Menghitung Bangun Kerucut & Tabung

Didalam program ini user menginputkan tinggi dan jari - jari untuk bangun A dan bangun B. kemudian program mengeksekusinya sehingga akan di ketahui luas permukaan dan volume bangun A maupun bangun B, sesuai tinggi dan jari - jari yang telah di inputkan. Berikut contoh programnya : import java.io.*; class fauyan {     double r,s,t;     double phi = 3.14;     double volumekerucut, volumetabung;     double luaskerucut, luastabung; /* Email  : f_zan.hack@yahoo.com Web   : fzan-aquana.blogspot.com             fauzanvs.blogspot.com */     void hitung() {         luaskerucut = (phi * r) * (s + r);         luastabung = (phi* r * 2) * (t + r);         System.out.println(" ");         System.out.println("  Luas Permukaan Kerucut : " +luaskerucut +" cm^2");         System.out.println("  Luas Permukaan Tabung : " +luastabung +" cm^2");         System.out.println(" ");         volumekerucut = (phi * r * r * t) / 3;