1. Bangun datar
Rumus Bujur Sangkar
Bujur sangkar adalah bangun datar yang memiliki empat buah sisi sama panjang
- Keliling : Panjang salah satu sisi dikali 4 (4S) (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Sisi dikali sisi (S x S)
Rumus Persegi Panjang
Persegi panjang adalah bangun datar mirip bujur sangkar namun dua sisi yang berhadapan lebih pendek atau lebih panjang dari
dua sisi yang lain. Dua sisi yang panjang disebut panjang, sedangkan yang pendek disebut lebar.
- Keliling : Panjang tambah lebar kali 2 ((p+l)x2) (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Panjang dikali lebar (pl)
Rumus Segitiga
- Keliling : Sisi pertama + sisi kedua + sisi ketiga (AB + BC + CA)
- Luas : Panjang alas dikali pangjang tinggi dibagi dua (a x t / 2)
Rumus Lingkaran
- Keliling : diameter dikali phi (d x phi) atau phi dikali 2 jari-jari (phi x (r + r)
- Luas : phi dikali jari-jari dikali jari-jari (phi x r x r)
- phi = 22/7 = 3,14
Rumus Jajar Genjang atau Jajaran Genjang
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : alas dikali tinggi (a x t)
Rumus Belah Ketupat
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : alas dikali panjang diagonal dibagi 2 (a x diagonal / 2)
- Diagonal : Garis tengah dua sisi berlawanan
Rumus Trapesium
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Jumlah sisi sejajar dikali tinggi dibagi 2 ((AB + CD) / 2)
2. Bangun Ruang
Rumus Kubus
- Volume : Sisi pertama dikali sisi kedua dikali sisi ketiga (S pangkat 3)
Rumus Balok
- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi (p x l x t)
Rumus Bola
- Volume : phi dikali jari-jari dikali tinggi pangkat tiga kali 4/3 (4/3 x phi x r x t x t x t)
- Luas : phi dikali jari-jari kuadrat dikali empat (4 x phi x r x r)
Rumus Limas Segi Empat
- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi dibagi tiga (p x l x t x 1/3)
- Luas : ((p + l) t) + (p x l)
Rumus Tabung
- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi (phi x r2 x t)
- Luas : (phi x r x 2) x (t x r)
Rumus Kerucut
- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi dibagi tiga (phi x r2 x t x 1/3)
- Luas : (phi x r) x (S x r)
- S : Sisi miring kerucut dari alas ke puncak (bukan tingi)
Rumus Prisma Segitiga Siku-siku
- Volume : alas segitiga kali tinggi segitiga kali tinggi prisma bagi dua (as x ts x tp x
3. Contoh Program :
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
int main ()
{
int a;
cout<<" Nama = Fauzan Vega Saputra"<<endl;
cout<<" No.mhs = 3085111136"<<endl;;
cout<<" Kelas = TI B"<<endl;;
cout<<endl;
cout<<" BANGUN DATAR "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"1. persegi "<<endl;
cout<<"2. Persegi panjang "<<endl;
cout<<"3. Segitiga "<<endl;
cout<<"4. Lingkaran "<<endl;
cout<<"5. Jajar genjang "<<endl;
cout<<"6. Belah ketupat "<<endl;
cout<<"7. Trapesium "<<endl;
cout<<"8. Layang-layang "<<endl;
cout<<endl;
cout<<" BANGUN RUANG "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"9. Kubus "<<endl;
cout<<"10. balok "<<endl;
cout<<"11. Bola "<<endl;
cout<<"12. Limas segi empat "<<endl;
cout<<"13. Tabung "<<endl;
cout<<"14. kerucut "<<endl;
cout<<"15. Prisma segitiga siku-siku "<<endl;
cout<<"16. Keluar "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Masukkan pilihan anda = ";cin>>a;
switch(a)
{
case 1:
cout<<" Masukkan sisi persegi ";cin>>sisi;
luas=sisi*sisi;
keliling=4*sisi;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 2:
cout<<" Masukkan panjang persegi ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar persegi ";cin>>lebar;
luas=panjang*lebar;
keliling=2*(panjang+lebar);
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 3:
cout<<" Masukkan alas segitiga ";cin>>alas;
cout<<" Masukkan tinggi segitiga ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring segitiga ";cin>>sisi_miring;
luas=(alas*tinggi)/2;
keliling=alas+tinggi+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 4:
cout<<" Masukkan jari-jari lingkaran ";cin>>jari;
luas=phi*jari*jari;
keliling=2*phi*jari;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 5:
cout<<" Masukkan alas jajar genjang ";cin>>alas;
cout<<" Masukkan tinggi jajar genjang ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring jajar genjang ";cin>>sisi_miring;
luas=alas*tinggi;
keliling=alas+tinggi+sisi_miring+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 6:
cout<<" Masukkan sisi belah ketupat ";cin>>sisi;
cout<<" Masukkan diagonal 1 ketupat ";cin>>diagonal_1;
cout<<" Masukkan diagonal 2 belah ketupat ";cin>>diagonal_2;
luas=0.5*diagonal_1*diagonal_2;
keliling=4*sisi;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 7:
cout<<" Masukkan sisi atas trapesium ";cin>>sisi_atas;
cout<<" Masukkan sisi bawah trapesium ";cin>>sisi_bawah;
cout<<" Masukkan sisi miring trapesium ";cin>>sisi_miring;
cout<<" Masukkan tinggi trapesium ";cin>>tinggi;
luas=((sisi_atas+sisi_bawah)*tinggi)/2;
keliling=sisi_atas+sisi_bawah+sisi_miring+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 8:
cout<<" Masukkan sisi 1 layang-layang ";cin>>sisi_1;
cout<<" Masukkan sisi 2 layang-layang ";cin>>sisi_2;
cout<<" Masukkan alas diagonal 1 layang-layang ";cin>>diagonal_1;
cout<<" Masukkan diagonal 2 layang-layang ";cin>>diagonal_2;
luas=0.5*diagonal_1*diagonal_2;
keliling=2*sisi_1+2*sisi_2;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 9:
cout<<" Masukkan sisi kubus ";cin>>sisi;
volume=sisi*sisi*sisi;
luas_permukaan=6*sisi*sisi;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 10:
cout<<" Masukkan panjang balok ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar balok ";cin>>lebar;
cout<<" Masukkan tinggi balok ";cin>>tinggi;
volume=panjang*lebar*tinggi;
luas_permukaan=2*(panjang*lebar+panjang*tinggi+lebar*tinggi);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 11:
cout<<" Masukkan jari-jari bola ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan diameter bola ";cin>>diameter;
volume=phi*jari*diameter*diameter*diameter*4/3;
luas_permukaan=4*phi*jari*jari;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 12:
cout<<" Masukkan panjang limas segi empat ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar limas segi empat ";cin>>lebar;
cout<<" Masukkan tinggi limas segi empat ";cin>>tinggi;
volume=panjang*lebar*tinggi*1/3;
luas_permukaan=((panjang+lebar)*tinggi)+(lebar*panjang);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 13:
cout<<" Masukkan jari-jari tabung ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan tinggi tabung ";cin>>tinggi;
volume=phi*jari*jari*tinggi;
luas_permukaan=(phi*jari*2)*(tinggi*jari);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 14:
cout<<" Masukkan jari-jari kerucut ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan tinggi kerucut ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring kerucut ";cin>>sisi_miring;
volume=phi*jari*jari*tinggi*1/3;
luas_permukaan=phi*jari*jari+phi*jari*sisi_miring;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 15:
cout<<" Masukkan alas segitiga prisma segitiga siku-siku ";cin>>alas_segitiga;
cout<<" Masukkan tinggi segitiga prisma segitiga siku-siku ";cin>>tinggi_segitiga;
cout<<" Masukkan tinggi prisma segitiga siku-siku ";cin>>tinggi;
volume=panjang*alas_segitiga*tinggi_segitiga*1/2;
luas_permukaan=((panjang+lebar)*tinggi)+(lebar*panjang);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 16:
cout<<"exit..."<<endl;
break;
default :
cout<<"Program tidak tersedia"<<endl;
break;
}
cout<<endl;
cout<<" Kembali Ke menu (y/n)?";cin>>kembali;
}while (kembali == 'y');
}
Rumus Bujur Sangkar
Bujur sangkar adalah bangun datar yang memiliki empat buah sisi sama panjang
- Keliling : Panjang salah satu sisi dikali 4 (4S) (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Sisi dikali sisi (S x S)
Rumus Persegi Panjang
Persegi panjang adalah bangun datar mirip bujur sangkar namun dua sisi yang berhadapan lebih pendek atau lebih panjang dari
dua sisi yang lain. Dua sisi yang panjang disebut panjang, sedangkan yang pendek disebut lebar.
- Keliling : Panjang tambah lebar kali 2 ((p+l)x2) (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Panjang dikali lebar (pl)
Rumus Segitiga
- Keliling : Sisi pertama + sisi kedua + sisi ketiga (AB + BC + CA)
- Luas : Panjang alas dikali pangjang tinggi dibagi dua (a x t / 2)
Rumus Lingkaran
- Keliling : diameter dikali phi (d x phi) atau phi dikali 2 jari-jari (phi x (r + r)
- Luas : phi dikali jari-jari dikali jari-jari (phi x r x r)
- phi = 22/7 = 3,14
Rumus Jajar Genjang atau Jajaran Genjang
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : alas dikali tinggi (a x t)
Rumus Belah Ketupat
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : alas dikali panjang diagonal dibagi 2 (a x diagonal / 2)
- Diagonal : Garis tengah dua sisi berlawanan
Rumus Trapesium
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Jumlah sisi sejajar dikali tinggi dibagi 2 ((AB + CD) / 2)
2. Bangun Ruang
Rumus Kubus
- Volume : Sisi pertama dikali sisi kedua dikali sisi ketiga (S pangkat 3)
Rumus Balok
- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi (p x l x t)
Rumus Bola
- Volume : phi dikali jari-jari dikali tinggi pangkat tiga kali 4/3 (4/3 x phi x r x t x t x t)
- Luas : phi dikali jari-jari kuadrat dikali empat (4 x phi x r x r)
Rumus Limas Segi Empat
- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi dibagi tiga (p x l x t x 1/3)
- Luas : ((p + l) t) + (p x l)
Rumus Tabung
- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi (phi x r2 x t)
- Luas : (phi x r x 2) x (t x r)
Rumus Kerucut
- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi dibagi tiga (phi x r2 x t x 1/3)
- Luas : (phi x r) x (S x r)
- S : Sisi miring kerucut dari alas ke puncak (bukan tingi)
Rumus Prisma Segitiga Siku-siku
- Volume : alas segitiga kali tinggi segitiga kali tinggi prisma bagi dua (as x ts x tp x
3. Contoh Program :
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
int main ()
{
int a;
float tinggi_segitiga,alas_segitiga,sisi_1,sisi_2,diagonal_1,diagonal_2,
luas_permukaan;
float panjang,jari,sisi_miring,sisi_atas,sisi_bawah,lebar,diagonal,sisi,luas,
keliling,volume;
float phi=3.14,diameter,alas,tinggi;
char kembali;
do {
clrscr ();luas_permukaan;
float panjang,jari,sisi_miring,sisi_atas,sisi_bawah,lebar,diagonal,sisi,luas,
keliling,volume;
float phi=3.14,diameter,alas,tinggi;
char kembali;
do {
cout<<" Nama = Fauzan Vega Saputra"<<endl;
cout<<" No.mhs = 3085111136"<<endl;;
cout<<" Kelas = TI B"<<endl;;
cout<<endl;
cout<<" BANGUN DATAR "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"1. persegi "<<endl;
cout<<"2. Persegi panjang "<<endl;
cout<<"3. Segitiga "<<endl;
cout<<"4. Lingkaran "<<endl;
cout<<"5. Jajar genjang "<<endl;
cout<<"6. Belah ketupat "<<endl;
cout<<"7. Trapesium "<<endl;
cout<<"8. Layang-layang "<<endl;
cout<<endl;
cout<<" BANGUN RUANG "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"9. Kubus "<<endl;
cout<<"10. balok "<<endl;
cout<<"11. Bola "<<endl;
cout<<"12. Limas segi empat "<<endl;
cout<<"13. Tabung "<<endl;
cout<<"14. kerucut "<<endl;
cout<<"15. Prisma segitiga siku-siku "<<endl;
cout<<"16. Keluar "<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Masukkan pilihan anda = ";cin>>a;
switch(a)
{
case 1:
cout<<" Masukkan sisi persegi ";cin>>sisi;
luas=sisi*sisi;
keliling=4*sisi;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 2:
cout<<" Masukkan panjang persegi ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar persegi ";cin>>lebar;
luas=panjang*lebar;
keliling=2*(panjang+lebar);
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 3:
cout<<" Masukkan alas segitiga ";cin>>alas;
cout<<" Masukkan tinggi segitiga ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring segitiga ";cin>>sisi_miring;
luas=(alas*tinggi)/2;
keliling=alas+tinggi+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 4:
cout<<" Masukkan jari-jari lingkaran ";cin>>jari;
luas=phi*jari*jari;
keliling=2*phi*jari;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 5:
cout<<" Masukkan alas jajar genjang ";cin>>alas;
cout<<" Masukkan tinggi jajar genjang ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring jajar genjang ";cin>>sisi_miring;
luas=alas*tinggi;
keliling=alas+tinggi+sisi_miring+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 6:
cout<<" Masukkan sisi belah ketupat ";cin>>sisi;
cout<<" Masukkan diagonal 1 ketupat ";cin>>diagonal_1;
cout<<" Masukkan diagonal 2 belah ketupat ";cin>>diagonal_2;
luas=0.5*diagonal_1*diagonal_2;
keliling=4*sisi;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 7:
cout<<" Masukkan sisi atas trapesium ";cin>>sisi_atas;
cout<<" Masukkan sisi bawah trapesium ";cin>>sisi_bawah;
cout<<" Masukkan sisi miring trapesium ";cin>>sisi_miring;
cout<<" Masukkan tinggi trapesium ";cin>>tinggi;
luas=((sisi_atas+sisi_bawah)*tinggi)/2;
keliling=sisi_atas+sisi_bawah+sisi_miring+sisi_miring;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 8:
cout<<" Masukkan sisi 1 layang-layang ";cin>>sisi_1;
cout<<" Masukkan sisi 2 layang-layang ";cin>>sisi_2;
cout<<" Masukkan alas diagonal 1 layang-layang ";cin>>diagonal_1;
cout<<" Masukkan diagonal 2 layang-layang ";cin>>diagonal_2;
luas=0.5*diagonal_1*diagonal_2;
keliling=2*sisi_1+2*sisi_2;
cout<<" Maka Luasnya = "<<luas<<endl;
cout<<" Maka kelilingnnya = "<<keliling;
break;
case 9:
cout<<" Masukkan sisi kubus ";cin>>sisi;
volume=sisi*sisi*sisi;
luas_permukaan=6*sisi*sisi;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 10:
cout<<" Masukkan panjang balok ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar balok ";cin>>lebar;
cout<<" Masukkan tinggi balok ";cin>>tinggi;
volume=panjang*lebar*tinggi;
luas_permukaan=2*(panjang*lebar+panjang*tinggi+lebar*tinggi);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 11:
cout<<" Masukkan jari-jari bola ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan diameter bola ";cin>>diameter;
volume=phi*jari*diameter*diameter*diameter*4/3;
luas_permukaan=4*phi*jari*jari;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 12:
cout<<" Masukkan panjang limas segi empat ";cin>>panjang;
cout<<" Masukkan lebar limas segi empat ";cin>>lebar;
cout<<" Masukkan tinggi limas segi empat ";cin>>tinggi;
volume=panjang*lebar*tinggi*1/3;
luas_permukaan=((panjang+lebar)*tinggi)+(lebar*panjang);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 13:
cout<<" Masukkan jari-jari tabung ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan tinggi tabung ";cin>>tinggi;
volume=phi*jari*jari*tinggi;
luas_permukaan=(phi*jari*2)*(tinggi*jari);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 14:
cout<<" Masukkan jari-jari kerucut ";cin>>jari;
cout<<" Masukkan tinggi kerucut ";cin>>tinggi;
cout<<" Masukkan sisi miring kerucut ";cin>>sisi_miring;
volume=phi*jari*jari*tinggi*1/3;
luas_permukaan=phi*jari*jari+phi*jari*sisi_miring;
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 15:
cout<<" Masukkan alas segitiga prisma segitiga siku-siku ";cin>>alas_segitiga;
cout<<" Masukkan tinggi segitiga prisma segitiga siku-siku ";cin>>tinggi_segitiga;
cout<<" Masukkan tinggi prisma segitiga siku-siku ";cin>>tinggi;
volume=panjang*alas_segitiga*tinggi_segitiga*1/2;
luas_permukaan=((panjang+lebar)*tinggi)+(lebar*panjang);
cout<<" Maka Volume = "<<volume<<endl;
cout<<" Maka Luas permukaan = "<<luas_permukaan;
break;
case 16:
cout<<"exit..."<<endl;
break;
default :
cout<<"Program tidak tersedia"<<endl;
break;
}
cout<<endl;
cout<<" Kembali Ke menu (y/n)?";cin>>kembali;
}while (kembali == 'y');
}
ty..... ^_^
ReplyDeleteSwiip
ReplyDeleteThnks brow........
ReplyDeleteok ok .. ^_^
ReplyDeleteterlalu panjang pke IF aj...
ReplyDeletegk ush pake case
iya seh puanjang...
ReplyDeletetapi ntu permintaan asdos pake case, jd mau gmw ya harus bgitu.......
tp thnkz brow dah mampir.. ^_^