GUI atau Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat menyebut GUI sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata. Suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik
Fungsi Java GUI (Graphical User Interface) :
• Menciptakan Layar / Windows
• Menciptakan Komponen grafis
• Mengorganisasikan Komponen pada ruang kerja frame window
• Memberikan properti, event, dan respon pada window ataupun komponen
Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class):
Contoh Sederhana pemrograman java GUI :
referensi : www.ketutmardika.blogspot.com
Fungsi Java GUI (Graphical User Interface) :
• Menciptakan Layar / Windows
• Menciptakan Komponen grafis
• Mengorganisasikan Komponen pada ruang kerja frame window
• Memberikan properti, event, dan respon pada window ataupun komponen
Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class):
- Koordinat GUI
- AWT (Abstract Windows Toolkit) merupakan paket dasar dalam pembentukan GUI dengan menggunakan platform yang terdapat dalam masing-masing OS (native resource) Paket dasar : java.awt.component
- Swing Product SUN dalam membangun GUI yang Independent sehingga bersifat cross platform dalam tampilan window yang dihasilkan. Paket dasar: javax.swing.Jcomponent
- Event Handler Aksi-reaksi yang diberikan pada tiap-tiap komponen GUI
Contoh Sederhana pemrograman java GUI :
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
/*
Email : f_zan.hack@yahoo.com
Web : fzan-aquana.blogspot.com
fauzanvs.blogspot.com
*/
class halo extends JFrame implements ActionListener {
JLabel Lnama = new JLabel("Nama : ");
JTextField nama = new JTextField(15);
JButton tombol = new JButton("OK >>");
halo (){
super();
setTitle("Isian Nama");
setSize(270,100);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
tombol.addActionListener(this);
getContentPane().setLayout(new FlowLayout());
getContentPane().add(Lnama);
getContentPane().add(nama);
getContentPane().add(tombol);
}
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
Object objek = e.getSource();
if (objek == tombol) {
String isinama = nama.getText();
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Halo Boss " + isinama);
}
}
public static void main(String args[]) {
halo frame = new halo();
frame.setVisible(true);
}
}
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
/*
Email : f_zan.hack@yahoo.com
Web : fzan-aquana.blogspot.com
fauzanvs.blogspot.com
*/
class halo extends JFrame implements ActionListener {
JLabel Lnama = new JLabel("Nama : ");
JTextField nama = new JTextField(15);
JButton tombol = new JButton("OK >>");
halo (){
super();
setTitle("Isian Nama");
setSize(270,100);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
tombol.addActionListener(this);
getContentPane().setLayout(new FlowLayout());
getContentPane().add(Lnama);
getContentPane().add(nama);
getContentPane().add(tombol);
}
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
Object objek = e.getSource();
if (objek == tombol) {
String isinama = nama.getText();
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Halo Boss " + isinama);
}
}
public static void main(String args[]) {
halo frame = new halo();
frame.setVisible(true);
}
}
referensi : www.ketutmardika.blogspot.com
Terimakasih Infonya ya :)
ReplyDelete