Skip to main content

Pemrograman Java GUI (Graphical User Interface)

GUI atau Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat menyebut GUI sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata. Suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik

Fungsi Java GUI (Graphical User Interface) :
• Menciptakan Layar / Windows
• Menciptakan Komponen grafis
• Mengorganisasikan Komponen pada ruang kerja frame window
• Memberikan properti, event, dan respon pada window ataupun komponen

Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class):
  • Koordinat GUI
  • AWT (Abstract Windows Toolkit) merupakan paket dasar dalam pembentukan GUI dengan menggunakan platform yang terdapat dalam masing-masing OS (native resource) Paket dasar : java.awt.component
  • Swing Product SUN dalam membangun GUI yang Independent sehingga bersifat cross platform dalam tampilan window yang dihasilkan. Paket dasar: javax.swing.Jcomponent
  • Event Handler Aksi-reaksi yang diberikan pada tiap-tiap komponen GUI

Contoh Sederhana pemrograman java GUI :

import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
/*
Email : f_zan.hack@yahoo.com
Web : fzan-aquana.blogspot.com
fauzanvs.blogspot.com
*/
class halo extends JFrame implements ActionListener {
JLabel Lnama = new JLabel("Nama : ");
JTextField nama = new JTextField(15);
JButton tombol = new JButton("OK >>");

halo (){
super();
setTitle("Isian Nama");
setSize(270,100);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

tombol.addActionListener(this);

getContentPane().setLayout(new FlowLayout());
getContentPane().add(Lnama);
getContentPane().add(nama);
getContentPane().add(tombol);
}
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
Object objek = e.getSource();
if (objek == tombol) {
String isinama = nama.getText();
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Halo Boss " + isinama);
}
}
public static void main(String args[]) {
halo frame = new halo();
frame.setVisible(true);
}
}

referensi : www.ketutmardika.blogspot.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Optimalkan Koneksi Internet Dengan "FULL SPEED"

Bagi kita ‘penjelajah internet’ pasti mendambakan koneksi internet yang cepat, sehingga kita dapat membuka halaman web dengan lancar dan mendownload data-data yang kita perlukan di dunia maya. Bayangkan saja, kalau kita berhadapan dengan koneksi yang lelet, padahal kita harus segera menyelesaikan pekerjaan dan apa yang kita butuhkan sebenernya sudah tersedia di internet, ditanggung pasti !

Menghitung Volume Bangun Ruang Dengan PHP

Dalam kesempatan kedua ini saya akan sharing tugas saya yang kedua. yaitu pemrograman PHP, Di dalam tugas ini mahasiswa disuruh menampilkan Volume Bola, kerucut dan kubus.Dengan ketentuan jari-jari,tinggi,sisi yang sudah ditentukan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dan pelajari program dan outputanya dibawah ini : <? $phi=3.14; $r=7; $t=14; $s=10; $volbola=(4/3)*$phi*$r*$r*$r; $volkerucut=(1/3)*$phi*$r*$r*$t; $volkubus=$s*$s*$s; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"Nama = Fauzan Vega Saputra"; echo"<br/>"; echo"Kelas = TI_B"; echo"<br/>"; echo"NIM = 3085111136"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"| Menghitung Volume Bola, Kerucut dan Kubus |"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"

Program java Menghitung Bangun Kerucut & Tabung

Didalam program ini user menginputkan tinggi dan jari - jari untuk bangun A dan bangun B. kemudian program mengeksekusinya sehingga akan di ketahui luas permukaan dan volume bangun A maupun bangun B, sesuai tinggi dan jari - jari yang telah di inputkan. Berikut contoh programnya : import java.io.*; class fauyan {     double r,s,t;     double phi = 3.14;     double volumekerucut, volumetabung;     double luaskerucut, luastabung; /* Email  : f_zan.hack@yahoo.com Web   : fzan-aquana.blogspot.com             fauzanvs.blogspot.com */     void hitung() {         luaskerucut = (phi * r) * (s + r);         luastabung = (phi* r * 2) * (t + r);         System.out.println(" ");         System.out.println("  Luas Permukaan Kerucut : " +luaskerucut +" cm^2");         System.out.println("  Luas Permukaan Tabung : " +luastabung +" cm^2");         System.out.println(" ");         volumekerucut = (phi * r * r * t) / 3;