Skip to main content

Enkapsulasi Pada Java

Konsep enkapsulasi dalam Pemrograman Berorientasi Obyek, menjadikan properti - properti dan metode - metode anggota suatu obyek dapat diatur agar terlindungi dari akses luar obyek tersebut. Properti atau metode kelas dapat diatur juga agar bisa diakses dari luar obyek. Dengan cara menambahkan katakunci penentu akses yang diletakkan di depan deklarasi properti atau metode tersebut :
  • private  : hanya dapat diakses dari dalam obyek
  • public   : dapat diakses dari dalam ataupun dari luar obyek
  • protected : hanya dapat diakses dari dalam obyek tersebut dan obyek kelas turunannya
konsep ini dapat digunakan untuk mencegah perubahan yang tidak diperkenankan terhadap suatu properti, atau untuk mengatur aturan jika suatu properti akan di ubah dengan cara memberikan metode untuk mengubahnya. Pada metode untuk mengubahnya itu di beri kode - kode untuk mengaturnya sehingga properti terssebut tidak dapat diubah seain menggunakan aturan yang dirancang pemrogram.

Berikut contoh program java yang menggunakan metode enkapsulasi :

package javaapplication16;

class fauzan{

   private String isi_wajah;
   private String isi_keterangan;
   private String get_jenis () { return isi_wajah; }
   private String get_model () { return isi_keterangan; }

   private String gabungan (String isi1, String isi2){
   return isi1 +" "+isi2;
   }
   public void wajah(String isian){
   isi_wajah = isian;
   }
   public void keterangan(String isian){
   isi_keterangan = isian;
   }
   public String get_fullname() {
   return gabungan(get_jenis(), get_model());
   }
}

class fauzan2 {
   public static void main (String args[]) {
     fauzan fauzanku = new fauzan();
     fauzanku.wajah("Cakep");
     fauzanku.keterangan("Sekali");

     System.out.print("Wajah ku : ");

     String fullname = fauzanku.get_fullname();
     System.out.println(fullname);
   }
}

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Optimalkan Koneksi Internet Dengan "FULL SPEED"

Bagi kita ‘penjelajah internet’ pasti mendambakan koneksi internet yang cepat, sehingga kita dapat membuka halaman web dengan lancar dan mendownload data-data yang kita perlukan di dunia maya. Bayangkan saja, kalau kita berhadapan dengan koneksi yang lelet, padahal kita harus segera menyelesaikan pekerjaan dan apa yang kita butuhkan sebenernya sudah tersedia di internet, ditanggung pasti !

Menghitung Volume Bangun Ruang Dengan PHP

Dalam kesempatan kedua ini saya akan sharing tugas saya yang kedua. yaitu pemrograman PHP, Di dalam tugas ini mahasiswa disuruh menampilkan Volume Bola, kerucut dan kubus.Dengan ketentuan jari-jari,tinggi,sisi yang sudah ditentukan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dan pelajari program dan outputanya dibawah ini : <? $phi=3.14; $r=7; $t=14; $s=10; $volbola=(4/3)*$phi*$r*$r*$r; $volkerucut=(1/3)*$phi*$r*$r*$t; $volkubus=$s*$s*$s; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"Nama = Fauzan Vega Saputra"; echo"<br/>"; echo"Kelas = TI_B"; echo"<br/>"; echo"NIM = 3085111136"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"| Menghitung Volume Bola, Kerucut dan Kubus |"; echo"<br/>"; echo"========================================="; echo"<br/>"; echo"

Program java Menghitung Bangun Kerucut & Tabung

Didalam program ini user menginputkan tinggi dan jari - jari untuk bangun A dan bangun B. kemudian program mengeksekusinya sehingga akan di ketahui luas permukaan dan volume bangun A maupun bangun B, sesuai tinggi dan jari - jari yang telah di inputkan. Berikut contoh programnya : import java.io.*; class fauyan {     double r,s,t;     double phi = 3.14;     double volumekerucut, volumetabung;     double luaskerucut, luastabung; /* Email  : f_zan.hack@yahoo.com Web   : fzan-aquana.blogspot.com             fauzanvs.blogspot.com */     void hitung() {         luaskerucut = (phi * r) * (s + r);         luastabung = (phi* r * 2) * (t + r);         System.out.println(" ");         System.out.println("  Luas Permukaan Kerucut : " +luaskerucut +" cm^2");         System.out.println("  Luas Permukaan Tabung : " +luastabung +" cm^2");         System.out.println(" ");         volumekerucut = (phi * r * r * t) / 3;